Seputar Cara adalah blog khusus membahas tips trik ataupun cara efektif mulai dari kesehatan, kecantikan alami, wisata, keuangan, bisnis, traveling dan lainnya


Senin, 30 Mei 2016

Rambut Mulai Berjatuhan? Ikuti Perawatan Rambut Rontok Ini Agar Tak Semakin Parah!

Coba perhatikan rambut Anda akhir-akhir ini. Apakah semakin menipis? Mungkin ketika menyapu lantai atau keramas, jumlah rambut yang rontok semakin banyak? Jika ini terjadi, saatnya bagi Anda untuk melakukan perawatan rambut rontok, agar rambut Anda tak habis karenanya, atau lebih parah lagi, mengalami kebotakan. Ikuti cara-cara yang ada di bawah ini!

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika rambut sudah mulai berjatuhan adalah mencari penyebabnya. Kenapa? Karena penyebab inilah yang harus diatasi. Ketika akar masalah itu sudah tuntas, seringkali masalah kerontokan itu akan selesai dengan sendirinya. Jadi, Anda tak perlu langsung repot mencari tonic dan shampoo ini-itu ataupun berburu suplemen yang hasilnya belum pasti.

perawatan rambut rontok

Sekarang, ketahui dulu apa saja yang bisa menyebabkan rambut Anda rontok:


1. Bagi pria, DHT
Kepanjangannya adalah Dihydrotestosterone. DHT adalah testosterone yang telah diubah oleh enzim. Meskipun penting, DHT bisa masuk ke folikel rambut, dan membuatnya mengecil, menjadikannya tak mampu lagi memproduksi rambut.

2. Kurangnya nutrisi
Rambut memerlukan nutrisi yang sama dengan tubuh. Jadi wajar ketika Anda mengalami defisiensi nutrisi, rambut rontok adalah gejala pertama yang timbul.

3. Gaya rambut
Terlalu sering mengubah gaya rambut, mengecatnya, mengikat terlalu kencang, rebonding, perm, dll. akan memberikan efek samping yang negatif terhadap rambut. Jangan heran jika rambut akan rontok karenanya.

4. Stress dan kondisi tubuh
Ketika Anda mengalami stress ataupun kondisi tubuh Anda kurang bagus karena penyakit, maka efek yang akan terlihat biasanya dari rambut Anda yang mulai rontok. Waspadailah ini.

5. Kondisi lingkungan
Ketika kondisi lingkungan Anda penuh dengan asap beracun dari kendaraan, radikal bebas, sinar UV matahari, dll. maka jelas saja rambut Anda akan rontok.

Dari situ saja, Anda bisa mengira-ngira sendiri apa perawatan rambut rontok yang sebaiknya Anda lakukan. Namun untuk lebih jelasnya, ini langkah praktis yang bisa dijalankan:

1. Makan makanan sehat
Rambut yang rontok bisa diatasi dengan mencukupi nutrisi yang ada di dalam tubuh, terutama yang bagus untuk rambut. Omega-3 di telur, kacang, dan ikan, terutama, akan menguatkan kulit kepala. Demikian juga dengan sayuran, buah, dan biji-bijian yang mengandung zat besi, seng, dan biotin.

2. Menata rambut dengan baik
Tidak melakukan pengecatan, membuat belahan rambut di tempat berbeda-beda setiap hari, memotong rambut sehingga lebih ringan dan tak gampang rontok, menggunakan shampoo yang sesuai jenis, dan tidak menyisir saat rambut basah.

3. Konsultasi ke dokter
Daripada menebak-nebak sendiri, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kecantikan sehingga tahu persis apa yang harus dilakukan.

Pilihan lainnya adalah menggunakan bahan-bahan alami yang sudah dikenal mampu menumbuhkan rambut. Misalnya:

- Lidah buaya - terkenal karena memiliki nutrisi yang memperkuat rambut. Gosok-gosokkan gelnya ke kulit kepala sebelum keramas.

- Minyak kemiri - kemiri ditumbuk, dicampur air, dan dimasak sampai minyaknya keluar. Minyak ini lantas di gosokkan ke kepala dan dibiarkan beberapa jam sebelum keramas.

- Air kelapa hijau - cukup oleskan ke kulit kepala sebelum tidur, pijat lalu bungkus pakai handuk, dan tidurlah. Bersihkan di pagi hari.

Itulah saran untuk perawatan rambut rontok yang bisa Anda lakukan. Memang, ketika rambut mulai menipis dan berkurang, rasa stress dan panik akan muncul. Tapi jangan sampai ini terbawa-bawa. Seperti Anda ketahui sendiri, stress justru akan memicu rambut semakin rontok. Tetap tenang, renungkan apa saja kegiatan dan diet Anda selama ini, dan dari situ, mulailah mengevaluasinya.
Judul : Rambut Mulai Berjatuhan? Ikuti Perawatan Rambut Rontok Ini Agar Tak Semakin Parah!
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.